Apa itu Manajemen?
Manajemen adalah proses atau kegiatan yang mengorganisir, mengendalikan suatu proses kerja untuk mencapai tujuan biasanya dilakukan oleh seorang manajer dalam organisasi.
Tingakatan Manajemen menurut R. Antoni
- Manajemen Tingkat Atas (Top Management)
- Manajemen Tingkat Menengah (Middle Management)
- Manajemen Tingkat Bawah (Low Management)
Dimana Manajer ditemukan?
Manajer dapat ditemukan di mana-mana, tetapi perlu disadari bahwa mereka ada di berbagai tingkat dan di dalam berbagai bidang fungsional di dalam perusahaan.
Bagaimana tingkatan manajer dalam organisasi
- Tingkat perencanaan strategis
- Tingkat pengendalian manajemen
- Tingkat pengendalian operasional
Apa saja Karakteristik informasi yang diperlukan oleh masing-masing Tingkat Manajemen?
- Sumber Informasi : eksternal atau internal.
- Lingkup Informasi : global atau parsial.
- Kurun Waktu Informasi : jangka panjang atau jangka pendek.
- Kelengkapan Informasi : hal-hal pokok atau lengkap.
- Kerincian Informasi : ringkas atau detail.
- Kerangka Waktu : masa depan atau masa lalu.
- Saat Penyajian Informasi : sesuai kebutuhan atau periodik rutin.
Bidang Fungsional
Bidang fungsional perusahaan terdiri dari tiga bidang utama yaitu :
- Pemasaran, bidang fungsional perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan barang atau jasa.
- Manufaktur, bidang fungsional perusahaan yang bergerak dalam bidang pembuatan dan perakitan produk.
- Keuangan, bidang fungsional perusahaan yang bergerak dalam bidang keuangan perusahaan.
Fungsi Manajemen : Henry Fayol
Sekitar tahun 1914, seorang ahli teori manajemen berkebangsaan Perancis bernama Henry Fayol, menyatakan bahwa manajer melaksanakan 5 fungsi manajemen yang utama, yaitu :
- Planning (Merencanakan).
- Organizing (Mengorganisasikan).
- Staffing (Menyusun Staf).
- Directing (Mengarahkan).
- Controling (Mengendalikan).
Peran Manajerial : Mintzberg
Peran antar pribadi
a. Figurehead (kepala)
b. Leader (pemimpin)
c. Liasion (penghubung)
Peran informasi
a. Monitor (pemantau)
b. Disseminator (pewarta)
c. Spokesperson (juru bicara)
Peran keputusan
a. Enterpreneur (wirausaha)
b. Disturbance handler (pemecah masalah)
c. Resource allocator (pembagi sumber daya)
d. Negotiator (perunding).
Keahlian Manajer
- Keahlian komunikasi, manajer berkomunikasi (menerima dan mengirimkan informasi) dengan bawahan, atasan, manajer lain, dan orang-orang di luar perusahaan, dalam bentuk lisan (laporan, surat, memo, e-mail, dan terbitan berkala) maupun tertulis (komunikasi saat rapat, penggunaan telepon, meninjau fasilitas, dan berbagai kegiatan sosial).
- Keahlian pemecahan masalah, manajer memecahkan masalah dengan membuat perubahan-perubahan pada operasi perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuannya.
Pengetahuan Dasar Manajer
- Mengerti komputer, mencakup pengertian mengenai istilah-istilah dalam komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, kemampuan menggunakan komputer, ddan hal-hal lain yang berhubungan dengan teknologi komputer.
- Mengerti informasi, meliputi pengertian bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, dimana informasi dapat diperoleh, dan bagaimana membagikan informasi kepada orang lain.
Manajer dan Sistem
- Seorang manajer harus mampu memandang organisasinya sebagai suatu sistem.
- Organisasi terdiri dari sejumlah sumber daya dan sumber daya – sumber daya tersebut bekerja menuju tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan oleh manajemen atau pemilik organisasi.
0 Comments:
Posting Komentar